Unik Pohon Kelapa Cabang Delapan, Ditawar Ratusan Juta!

Editor: Idho - Selasa, 9 November 2021 | 19:05 WIB

SariAgri - Pohon kelapa umumnya tumbuh hanya dengan satu batang saja. Namun menjadi tidak lazim dan terlihat unik jika tumbuh dengan delapan cabang.

Pohon kelapa dengan delapan cabang ini tumbuh di pekarangan rumah milik Katirin (55 tahun), warga Desa Ploso, Kecamatan Punung, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pohon yang sudah berumur puluhan tahun ini tampak masih subur dengan delapan cabang yang masing-masing juga masih produktif. Pohon ini merupakan jenis kelapa hijau yang biasa dipercaya masyarakat memiliki khasiat sebagai obat.

Menurut Katirin, pohon kelapa ini ditanam adiknya sekitar tahun 1980 an lalu. Awalnya pohon ini tumbuh seperti kelapa pada umumnya.

“Pohon kelapa hijau ini ditanam adik saya, Kateno. Saat ditanam tumbuh dengan tinggi 1,5 meter normal seperti pohon kelapa lainnya. Namun terus bertambah tinggi, hingga keluar cabang pada bagian batangnya dan sekarang memiliki delapan cabang,“ ungkap pemilik pohon kelapa unik, Katirin kepada Sariagri.

Baca Juga: Dampak Negatif Menggoreng Buah
Keren! Inovasi Limbah Kulit Mangga Jadi Masker Wajah

Katirin menambahkan meski buah yang dihasilkan tidak sebanyak pohon kelapa lain, namun dirinya enggan menebang dan memilih membiarkannya terus tumbuh.

Karena merupakan jenis kelapa hijau, tidak jarang orang datang sekedar untuk membeli buahnya, lantaran dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

“sekalipun pada bagian batang bawah hingga tengah banyak ditumbuhi lumut dan tanaman gulma, saya tetap biarkan hidup dan tidak saya tebang. Bagi saya ini peniten (penanda) keluarga dan banyak dicari orang buahnya sebagai obat,“ kata dia.

Bahkan, imbuhnya, beberapa bulan lalu juga ada yang datang bermaksud untuk membeli pohon kelapa unik miliknya dengan harga tinggi, namun Katirin enggan memberikannya.

“sempat ditawar orang dengan harga ratusan juta rupiah tetap tidak saya berikan. Biarlah pohon kelapa ini begitu adanya di pekarangan rumah saya sebagai anugerah Tuhan,“ tandasnya.

VIDEO LAINNYA