Semut Pelacak Formica Fusca Mampu Mendeteksi Keberadaan Sel Kanker

Editor: Idho - Selasa, 22 Maret 2022 | 15:01 WIB

SariAgri -  Semut pelacak atau Formica fusca mampu mengendus dan mendeteksi keberadaan sel kanker yang ada di tubuh manusia. Semut-semut tersebut hanya memerlukan beberapa sesi latihan untuk mempelajari aroma sel kanker yang membuatnya menjadi hewan yang layak dan cepat untuk menjadi pendeteksi sel mematikan tersebut.

Dikutip Nationalgeographic, penelitian berfokus pada spesies semut Formica fusca, yang sebelumnya telah mereka tunjukkan dapat dipelajari dengan cepat. Setelah menumbuhkan sel kanker selama beberapa hari, para peneliti membuat arena di mana seekor semut akan disajikan ke satu tabung kosong, dan satu tabung berisi sel kanker.

Mereka kemudian mulai mengondisikan semut untuk mengenali yang mana. Hanya butuh 30 menit pengondisian bagi semut untuk mempelajari cara mengendus sampel kanker. Dalam penelitian sebelumnya, anjing juga dapat mencium bau kanker. Satu penelitian menemukan bahwa anjing pendamping manusia dapat mengendus kanker paru-paru dengan akurasi hampir 97 persen.

Akan tetapi untuk melatih anjing dapat mengendus sel kanker, dibutuhkan waktu lama dan juga biaya yang tidak sedikit. Sehingga para peneliti di universitas di Prancis memutuskan untuk menyelidiki menggunakan hewan yang berbeda untuk mendeteksi bau kanker. Serangga, yang mudah dipelihara dan murah, sepertinya merupakan pilihan yang baik. Meski kini semut sudah dijadikan serangga yang bisa mendeteksi sel kanker, namun semut masih jauh dari penggunaan untuk diagnosis medis yang sebenarnya.

Baca Juga: Heroik, Pria Ini Rela Terluka Melawan Beruang Untuk Melindungi Anjingnya
Ini Alasan Babi Jalannya Menunduk

VIDEO LAINNYA