Dokter Sarankan Tak Saling Pinjam Alat Makan Saat Mudik

Editor: Rharya Saputra - Sabtu, 7 Mei 2022 | 20:01 WIB

SariAgri -  Geger kasus Hepatitis misterius serang anak di sejumlah negara, Kementerian Kesehatan RI dalam tiga hari terakhir mengadakan diskusi internal terkait pencegahan dan solusinya.

Di indonesia sudah ada 3 anak usia 2, 8 dan 11 tahun meninggal akibat penyakit hepatitis misterius ini. Belum diketahui pasti penyebab si pasien anak bisa mengidap hepatitis dadakan.

Per 1 Mei 2022, WHO (World Health Organization) merilis data 228 anak di 20 negara terjangkit Hepatitis misterius, pasien tersebut rata-rata usia 1 bulan hingga 16 tahun.

Kini bertambah kasus baru yang masih dalam tahap pemeriksaan laboratorium. Ada beberapa gejala yang muncul pada pasien anak penderita Hepatitis misterius, seperti : GEJALA AWAL . Mual Muntah Diare Berat Demam GEJALA LANJUT

Air kencing berwarna pekat BAB berwarna putih pucat Mata dan kulit menguning Kejang Kesadaran menurun Mengalami pembekuan darah Pusat Pengendalian & Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut, potensi terbesar penularan penyakit Hepatitis misterius yakni melalui saluran pencernaan terutama dari mulut.

Di Indonesia, Kemenkes dan sejumlah Dokter menyarankan agar orang tua menjaga kebersihan makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi serta tidak saling pinjam alat makan saat mudik ataupun memakan makanan yang sudah dikonsumsi orang lain meskipun itu adalah orang terdekatnya.

Baca Juga: Ragam Penyakit Dalam dan Solusi Sehat di Bulan Ramadan
Pria Penerima Transplantasi Jantung Babi Pertama di Dunia Meninggal

VIDEO LAINNYA