WAW! Ternyata Begini Proses Ganti Kulit Tarantula

Editor: Muhammad adnan - Rabu, 21 September 2022 | 11:01 WIB

SariAgri -  Tarantula merupakan salah satu hewan arthropoda yang harus rutin berganti kulit seiring pertumbuhannya. Tarantula dewasa biasanya berganti kulit hanya 1 tahun sekali. Tapi, tarantula muda bisa lebih sering berganti kulit dalam setahun.

Para ilmuwan menyebut proses ganti kulit pada tarantula ini sebagai eksidis. Proses ganti kulit ini sebenarnya memakan waktu lebih dari 2 jam, kulit baru Tarantula mulai tumbuh ketika dia masih dalam kulit yang lama.

Proses ganti kulit akan terjadi saat jaringan antara kulit lama dan baru mulai hancur. Awalnya, tarantula akan meremas perut dan mendorong cairan ke kepala dan bagian atas tubuhnya. Dia hendak memberikan tekanan ke kulit lama dari bagian kepala kemudian, dia mendorong punggung supaya kulit lamanya bisa terlepas sempurna.

Setelah itu, kulit barunya yang awalnya lembut, perlahan-lahan mengeras, ganti kulit bagi tarantula sama halnya dengan "update patch". Dengan ganti kulit, tarantula mendapatkan alat sensor dan bulu baru, kemudian memperbaiki organ internal dan organ yang hilang.

Baca Juga: Wow YouTuber ini Temukan Spesies Baru Tarantula
Hewan Aneh Ini Lahir dari Imajinasi Anak-anak

VIDEO LAINNYA